Relaksasi Bisa Atasi Stres

Kerjaan yang menumpuk, tugas yang belum terselesaikan, meeting, jadwal yang padat, jalanan macet, segudang kesibukan yang kadang membuat kita lupa bahwa manusia juga butuh istirahat dari aktivitas harian yang cukup membuat kita bosan.

Fokuskan diri kita kedalam keadaan lingkungan sekitar, suara, rasa, aroma yang dibawa angin. Rasakan lingkungan tersebut sama halnya seperti kita bernafas, buat diri kita melepaskan stres yang menimpa diri kita.

Terapi musik relaksasi

Musik merupakan salah satu alat ajaib yang dapat kita gunakan untuk mengurangi stres. Musik dapat digunakan sebagai suara latar belakang yang dapat memberikan efek menenangkan, membantu mnegurangi dampak stres yang berakibat pada depresi. Musik merupakan penghargaan bagi pusat otak, untuk sebagian orang dapat ditemukan pada sisi bagian kanan otak.

Ketika Anda mendengarkan musik, Anda mengubah belahan otak kanan (yang mengendalikan pikiran bawah sadar, emosi, kreatif dan intuitif) ke belahan otak kiri (yang mengatur pikiran sadar, analisa, logika, rasional, bahasa). Gunakan musik jazz, blues, rock ‘n roll. country, klasik, atau jenis musik apapun yang dapat membuat Anda semakin relaks ketika mendengarkannya sepanjang hari.

Jika ada telpon masuk, jangan di angkat. Anda bisa dengarkan musik sambil makan malam, atau hanya menutup mata Anda sambil mendengarkan saja. Jika ingin lebih santai dan rileks, bakar minyak aromaterapi beraroma mint atau lavender, atau aroma apaun yang Anda sukai. Pikiran dan tubuh Anda akan kembali segar dan siap untuk menghadapi hari esok.

Deep Breathing

Ketika kita seang stres, nafas kita bergerak sangat dangkal. Oksigen menjadi berkurang pada setiap helaan maupun tarikan nafas, dan darah kita mengalir dengan cepat keseluruh tubuh kita untuk mendapatkan oksigen yang cukup ke otak dan organ vital lainnya. Teknik ‘deep breathing’ atau menarik nafas dalam-dalam dapat menetralkan respon stres dan membantu mengatasi masalah tensi darah.

Lakukan teknik deep breathing beberapa kali dapat mengurangi gejala fisik dari stres seperti sakit kepala, sakit punggung, sakit perut, tekanan darah tinggi, dan insomnia.

Teknik ini dapat dilakukan sambil duduk, berdiri, atau berbaring. Gunakan pakaian yang Anda anggap nyaman ketika akan melakukan teknik ini. Dimulai dari menghirup udara dari hidung Anda, hitung sampai lima, dan biarkan rongga dada Anda terisi dengan udara.

Keluarkan udara melalui mulut Anda perlahan. Lakukan teknik ini selama dua menit. Agar lebih efektif, bayangkan Anda sedang berada di pantai, di hutan, atau tempat yang membuat Anda tenang.

Resouarces by www.mediaindonesia.com

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s